Jumat, 06 Agustus 2010

Kabel Jaringan : Optical Fiber

Sebuah serat optik terdiri dari inti, (membawa pulsa cahaya), kelongsong (mencerminkan pulsa cahaya kembali ke core) dan lapisan penyangga (melindungi inti dan kelongsong dari kelembaban, kerusakan, dll). Bersama-sama, semua ini membuat serat optik yang dapat membawa hingga 10 juta pesan setiap saat menggunakan pulsa cahaya Serat optik. Adalah tumpang tindih dari ilmu terapan dan teknik terkait dengan desain dan aplikasi dari serat optik. serat optik yang banyak digunakan dalam komunikasi serat optik , yang memungkinkan pengiriman melalui jarak yang lebih tinggi lagi dan pada bandwidth (kecepatan data) dari bentuk-bentuk komunikasi. Serat digunakan sebagai pengganti kabel logam karena sinyal perjalanan bersama mereka dengan kurang kerugian dan juga kebal terhadap gangguan elektromagnetik . Serat juga digunakan untuk penerangan, dan dibungkus dalam bundel sehingga mereka dapat digunakan untuk membawa gambar, sehingga memungkinkan melihat di ruang rapat. serat dirancang khusus digunakan untuk berbagai aplikasi lain, termasuk sensor dan laser serat .

Cahaya disimpan dalam inti dari serat optik oleh pantulan internal total . Hal ini menyebabkan serat untuk bertindak sebagai pandu . Serat yang mendukung banyak jalan propagasi atau mode melintang disebut multi-mode serat (MMF), sementara mereka yang hanya dapat mendukung mode tunggal disebut single-mode serat (SMF). Multi-mode serat umumnya memiliki diameter inti yang lebih besar, dan digunakan untuk link komunikasi jarak pendek dan untuk aplikasi di mana tenaga tinggi harus ditransmisikan. Single-mode serat yang digunakan untuk link komunikasi yang paling panjang dari 550 meter (1.800 kaki).

Bergabung dengan panjang serat optik lebih kompleks daripada bergabung dengan kawat listrik atau kabel. Ujung serat harus hati-hati membelah , dan kemudian disusun menjadi satu baik secara mekanis atau dengan menggabungkan mereka bersama-sama dengan busur listrik . Khusus konektor digunakan untuk membuat sambungan dilepas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar